Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK di Kecamatan Karangmojo

Syaiful, Muhammad (2009) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK di Kecamatan Karangmojo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad syaiful-05702254026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Usaha peningkatan mutu atau prestasi peserta didik dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor kemampuan mengajar guru, perhatian orang tua, dan sarana belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar matematika, dan secara khusus bertujuan untuk mengungkap pengaruh dan signifikansi kemampuan mengajar guru, perhatian orang tua, dan sarana belajar siswa terhadap motivasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, Populasi penelitian ini adalah siswa SMK di kecamatan Karangmojo tahun pelajaran 2008/2009, yang banyaknya 1233 orang. Sampel sebanyak 294 orang yang ditentukan dengan teknik proportional sampling. Data dari responden dikumpulkan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang berupa angket. Validitas instrumen ditentukan dengan menggunakan analis faktor dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan alpha Cronbad. Koefisien reliabilitas instrumen variabel motivasi belajar dengan alpha sebesar 0,9155, variabel kemampuan mengajar guru dengan alpha sebesar 0,9170, variabel perhatian orang tua dengan alpha sebesar 0,8966, dan variabel sarana belajar dengan alpha sebesar 0,9155. Data hasil penelitian dianalisis dengan korelasi pruduct moment dan analisis regresi. Hasil analisis regresi antara variabel motivasi belajar (Y) dengan variabel kemampuan mengajar guru (X1), variabel perhatian orang tua (X2) dan variabel sarana belajar adalah Y = 5,955 + 0,330 X1 + 0,272 X2 + 0,253 X3. Pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap motivasi belajar matematika berturut-turut adalah: variabel kemampuan mengajar guru (X1) = 0,330, variabel perhatian orang tua (X2) sebesar 0,272 dan variabel sarana belajar (X3) sebesar 0,253. Sedangkan analisis korelasi menyatakan bahwa motivasi belajar matematika mempunyai korelasi yang positif dan signifikan dengan: kemampuan mengajar guru sebesar, perhatian orang tua sebesar, dan sarana belajar siswa sebesar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 03:05
Last Modified: 04 Oct 2022 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52036

Actions (login required)

View Item View Item