EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Astuti, Angela Merici Wingsati Janu (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi Angela Merici.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) terhadap peningkatan motivasi dan prestasi hasil belajar kimia pada materi larutan asam basa peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 11 Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah desain eksperimental semu (quasi-experimental designs) yaitu the nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 11 Yogyakarta kelas XI MIA tahun pelajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA semester genap tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 2 kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data dilakukan secara purposive sampling. Data motivasi belajar kimia diambil dengan angket motivasi, sedangkan data prestasi belajar kimia diambil dari tes prestasi belajar kimia. Instrumen penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang divalidasi secara logis dan empiris, angket motivasi belajar kimia dan soal prestasi belajar kimia. Teknik analisis data menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan motivasi dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 11 Yogyakarta sebelum dan setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT). Metode pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar kimia materi larutan asam basa peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 11 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Aug 2017 06:37
Last Modified: 30 Jan 2019 14:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51961

Actions (login required)

View Item View Item