PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN JUMO

Wismanto, Wahyu (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN JUMO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Wahyu Wismanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model quantum teaching terhadap kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SDN Jumo Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental design. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa Kelas V SD Negeri Jumo sebanyak 34 anak sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas V SD Negeri 1 Ngadirejo sebanyak 34 anak sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor kreativitas siswa awal dan akhir kedua kelompok, sehingga diketahui pengaruh model quantum teaching terhadap kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model quantum teaching terhadap kreativitas siswa kelas V SD Negeri Jumo Temanggung. Rata-rata skor hasil pengukuran keativitas siswa awal melalui observasi pada kelas kontrol sebesar 74,00 (kategori Cukup) dan kelas eksperimen sebesar 75,47 (kategori Baik), sedangkan rata-rata perolehan skor hasil pengukuran keativitas siswa akhir melalui observasi pada kelas kontrol sebesar 77,13 (kategori Baik) dan kelas eksperimen sebesar 78,94 (kategori Sangat Baik). Kata kunci: quantum teaching, kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 06:38
Last Modified: 30 Jan 2019 14:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51896

Actions (login required)

View Item View Item