PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Karim, Arrohman Nur (2017) PENGARUH QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Arrohman Nur KariM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quantum Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah Quasi Experiment Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Quantum Learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar Matematika siswa kelas V. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Giwangan yang berjumlah 62 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VB sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistic deskriptif yaitu membandingkan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif Quantum Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen sebesar 83,06 lebih tinggi dari nilai rata-rata post-test pada kelompok kontrol sebesar 75,81. Selisih nilai rata-rata post-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 7,25. Hal tersebut juga didukung oleh perbedaan peningkatan rata-rata nilai pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu 26,45 > 19,68, dapat dikatakan bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif Quantum Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Kata kunci: Quantum Learning, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:51
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51851

Actions (login required)

View Item View Item