PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 BERO KLATEN

Mufidah, Tri Nur (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 BERO KLATEN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Tri Nur Mufidah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui media Big Book pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bero Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Bero Klaten yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 1 Bero Klaten setelah menggunakan media Big Book yaitu adanya peningkatan nilai rata-rata dari 65 pada pratindakan menjadi 75 pada siklus I dan 86 pada siklus II. Persentase siswa yang sudah mencapai nilai rata-rata juga mengalami peningkatan yaitu dari 36 % pada pra tindakan menjadi 64 % pada siklus I, dan 83 % pada siklus II. Selain itu berdasarkan observasi siswa dan guru juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. Siswa terlihat lebih aktif dalam pembelajaran pada tiap siklusnya. Kata kunci : Membaca Pemahaman, Media Big Book, Kelas III SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Aug 2017 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 14:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51839

Actions (login required)

View Item View Item