PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 2 PIYUNGAN

Saniah, Sopa (2017) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 2 PIYUNGAN. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak Sopa Saniah.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan LKPD IPA berbasis PBL yang layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik; (2) mengetahui peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKPD IPA berbasis problem based learning materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan 4 D Model dari Thiagarajan (1974) dari empat tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Dalam tahap define langkah yang dilakukan meliputi kegiatan analisis awal, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan merumuskan tujuan pembelajaran. Pada tahap design terdapat empat langkah yang dilakukan meliputi penyusunan instrumen, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal produk. Pada tahap develop meliputi konsultasi kepada dosen pembimbing dan validasi produk (dosen ahli dan guru IPA). Produk yang telah divalidasi, dilakukan uji coba di kelas VII F SMP N 2 Piyungan. Dari hasil uji coba LKPD didapatkan data peningkatan kemampuan keterampilan proses peserta didik yang didapat dari hasil analisis analisis pretest, postest, dan hasil observasi selama kegiatan pembelajaran. Tahap desseminate meliputi penyebaran produk akhir secara terbatas kepada guru IPA Kelas VII SMP N 2 Piyungan. Penelitian ini menghasilkan (1) sebuah LKPD IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan skor rata-rata 135,25 dari skor maksimal 144 dan termasuk kategori sangat baik (A); (2) keterampilan proses peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar LKPD IPA berbasis PBL materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan meningkat dengan peningkatan sebesar 0,48 dan termasuk kategori sedang, serta diperkuat dengan hasil observasi keterampilan proses sains peserta didik mengalami peningkatan persentase penguasaan sebesar 2,86 %. atau dari kategori cukup baik (C) menjadi kategori baik (B). Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, LKPD IPA, Problem Based Learning (PBL) The aims of this research are (1) to produce student worksheets based on Problem Based Learning that are feasible to improve science process of learners; (2) determine the improvement of science process skills after participating in learning using student worksheet in the subject matter Interactions of living organisms with the environment. This research uses 4 D Models by Thiagarajan (1974) which has four phases, define, design, develop, and disseminate. In the define phase there are steps taken include the activities of the front-end analysis, learners analysis, task analysis, concept analysis, and specifying instructional objectives. At the design stage there are four steps undertaken include the constructing criterio-reference tests, media selection, format selection, and initial design. At develop phase, student worksheet produced assessed by consultans and then assessed by axpert (expert lecturer and science teacher). Student worksheet products that has been validated then tested to students VII F SMP N 2 Piyungan. From the test results obtained improvement of capability science process skills. Improvement of science process skills known by analized of pretest and postest results, used paired t-test to known signification score of pretest and postest, and observations for learning activities. Desseminate phase includes the deployment of the final product are limited to the Grade VII Science teacher at SMP N 2 Piyungan. This research (1) produced a student worksheet based problem based learning which feasible with a score of 135,25 from maxsimal score 144 and with very good category (A); (2) science process skill after participating in learning use student worksheets increased by a score 0,48 include in the moderate category. Observation results of science process skills learners increase persetage of achievemet 2,86% of fairly good categories (C) to good categories (B).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Science Process Skills, Student Worksheet
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 14:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51410

Actions (login required)

View Item View Item