PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI “SISTEM TATA SURYA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII

Herianto, Herianto (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI “SISTEM TATA SURYA” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP KELAS VII. S1 thesis, FMIPA UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya menurut validator, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya, (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya, (4) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya. Penelitian Research and Development (R&D) terdiri dari empat tahapan: define, design, develop, disseminate. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas VII-D SMP N 14 Yogyakarta semester II tahun ajaran 2016/2017. Instrumen berupa angket kelayakan multimedia pembelajaran IPA interaktif, angket respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran IPA interaktif, angket motivasi belajar peserta didik awal dan akhir, serta soal pretest dan posttest. Teknik analisis data kelayakan multimedia pembelajaran IPA interaktif dan respon peserta didik adalah konversi skor kuantitatif menjadi nilai kualitatif dengan empat kategori, teknik analisis data motivasi belajar adalah pengubahan nilai kualitatif menjadi kuantitatif lalu menghitung persentase dan mengubahnya menjadi lima kategori dan juga paired sample t-test, sedangkan teknik analisis data skor pretest-posttest adalah perhitungan n-gain score dan paired sample t-test. Hasil penelitian ini adalah (1) multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya yang telah dikembangkan layak digunakan dengan rerata skor 3,84 yang termasuk kategori sangat baik, (2) multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya yang telah dikembangkan mendapatkan respon dari peserta didik dengan skor 3,36 yang masuk kategori sangat baik, (3) multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya yang telah dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik secara signifikan dari 73,23% (kuat) menjadi 82,87% (sangat kuat) dengan peningkatan sebesar 9,64% (4) multimedia pembelajaran IPA interaktif berbasis lectora inspire pada materi sistem tata surya yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan dengan gain score sebesar 0,53 yang masuk kategori sedang. Kata kunci: hasil belajar, lectora inspire, motivasi belajar, multimedia pembelajaran IPA interaktif The purpose of this research is to: (1) know the feasibility of science interactive multimedia learning on the solar system material based lectora inspire according to validator, (2) to know the response learners to science interactive multimedia learning on solar system material based lectora inspire, (3) to know the improvement of learning motivation before and after using science interactive multimedia learning, and (4) to know the improvement of learning outcomes before and after using science interactive multimedia learning on solar system material based lectora inspire. Research Research and Development (R & D) consists of four stages: define, design, develop, disseminate. The subjects were 30 students of class VII-D SMP N 14 Yogyakarta second semester of academic year 2016/2017. This instrument used are questionnaire of science learning interactive multimedia, questionnaires learners response of science learning interactive multimedia, questionnaire learning motivation for early and final, pretest and posttest question. Techniques of data analysis of the feasibility of interactive learning IPA multimedia and the students' response is the conversion of quantitative score into qualitative value with four categories, the data analysis technique of learning motivation is the conversion of qualitative value into quantitative then calculate the percentage and convert it into five categories, while the data analysis technique of pretest- Posttest is a calculation of n-gain score and paired sample t-test. The result of this research is (1) science interactive multimedia learning on the solar system material based lectora inspire that has been developed feasible to be used with average score 3,84 which belongs very good category (2) science interactive multimedia learning on the solar system material based lectora inspire that has been developed get the response from learners with a score of 3,36 that with category very good, (3) science interactive multimedia learning on the solar system material based lectora inspire that has been developed can increase learners motivation significantly from 73,23% (strong) to 82,87% (very strong) with an increase of 9,64% (4) science interactive multimedia learning on the solar system material based lectora inspire that has been developed can improve learning outcomes of learners significantly with a gain score of 0,53 with average category.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: learning motivation, learning outcomes, lectora inspire, science learning interactive multimedia
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Pendidikan IPA FMIPA
Date Deposited: 13 Oct 2017 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51404

Actions (login required)

View Item View Item