PERANCANGAN KOMIK BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BATIK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JETIS BANTUL

Yudhistira, Imadudin (2017) PERANCANGAN KOMIK BATIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BATIK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
IMADUDIN 388.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran batik berupa komik edukasi dengan unsur cerita, ilustrasi, materi dan gaya bahasa yang disesuaikan untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau R&D, dengan prosedur pengembangan adaptasi dari penelitian dan pengembangan Sugiyono (2012: 407). Penelitian dilakukan dengan 8 tahapan yaitu: (1) Analisis Kebutuhan; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain Awal; (5) Revisi Desain; (6) Validasi Desain (Validasi Ahli); (7) Uji Coba Terbatas dan (8) Revisi Desain dan Implementasi Produk. Variabel dalam penelitian ini adalah komik edukasi dan mata pelajaran batik. Subjek penelitian adalah siswa SMP N 1 Jetis kelas VIII sejumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan penyederhanaan data secara deskriptif menggunakan tabel frekuensi. Validasi produk dilakukan oleh 3 orang ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk merancang media pembelajaran batik berupa komik edukasi memiliki unsur cerita fantasi sederhana yang disesuaikan dengan keseharian siswa. Gaya bahasa yang diterapkan singkat, padat, dan sederhana. Ilustrasi disesuaikan dengan alur cerita sehingga mampu memperjelas materi batik. materi didukung dengan keterangan gambar sehingga membantu siswa dalam memahami amteri. Isi materi berupa pengertian batik, macam-macam batik, motif batik beserta makna folosofisnya, teknik pembuatan batik, dan cara melestarikan batik. pemilihan karakter komik disesuaikand dengan karakter anak SMP, sebanyak 52 halaman full colour. Berdasarkan penilaian tingkat kelayakan komik edukasi menunjukkan nilai yang sangat baik sebesar (a) aspek pembelajaran dan isi = 92% (b) aspek media = 90% (c) aspek pembelajaran dan isi menurut guru mata pelajaran = 94% (d) aspek kelayakan menurut para siswa = 84%. Secara keseluruhan tingkat kelayakan komik edukasi batik = 92%. Dengan demikian komik edukasi dinyatakan sangat layak dijadikan media pembelajaran batik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 28 Jul 2017 03:43
Last Modified: 30 Jan 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51289

Actions (login required)

View Item View Item