PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) ANGKATAN IX DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL YOGYAKARTA

Jeni Ari Febriyani, Jeni (2017) PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) ANGKATAN IX DI BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN SOSIAL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_JENI ARI FEBRIYANI_13102241066.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perencanaan diklat pendamping PKH, (2) proses diklat pendamping PKH, (3) evaluasi diklat pendamping PKH Angkatan IX di BBPPKS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yakni satu informan dari penyelenggara diklat, satu informan dari seksi penyusunan program, satu widyaiswara dalam diklat, tiga peserta diklat dan dua anggota PKH. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Trianggulasi sumber dan teknik digunakan untuk menguji keabsahan data dari berbagai sumber dengan menggunakan teknik yang berbeda dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)perencanaan diklat dimulai dengan perekrutan peserta yakni pendamping PKH yang sudah lolos seleksi yang diadakan Dinsos kabupaten asal peserta sesuai dengan mandat dari pusat. BBPPKS tidak terlibat proses perekrutan peserta; widyaiswara mempersiapkan rancang bangun dan media pembelajaran;(2)proses diklat dimulai ketika peserta registrasi ulang dan menginput data diri di komputer; hari pertama diklat diisi dengan pengarahan dan pre test untuk mengetahui kemampuan awal peserta; pembelajaran dalam diklat menggunakan metode studi kasus; media yang digunakan yakni flipchart, laptop, kertas plano, dan modul; diklat ditutup dengan pelaporan hasil pelaksanaan diklat, penyerahan sertifikat secara simbolis kepada peserta peraih nilai tertinggi post test; kelengkapan sarana dan prasarana dan adanya kerjasama BBPPKS dengan Dinsos kabupaten menjadi faktor pendukung diklat; keterlambatan fasilitator dan adanya peserta yang membawa balita dan anggota keluarga menjadi hambatan diklat;(3)evaluasi diklat meliputi evaluasi peserta, widyaiswara, dan penyelenggaraan diklat semuanya dilakukan dengan mengisi kuesioner; dampak setelah diklat pendamping PKH yaitu peserta diklat dapat mengkondisikan anggota PKH untuk tertib mengikuti pertemuan kelompok. Kata kunci : penyelenggaraan diklat, pendamping PKH.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51273

Actions (login required)

View Item View Item