PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERTAMINA TERMINAL BAHAN BAKAR MINYAK (TBBM) REWULU DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI KELOMPOK JAMU JATI HUSADA MULYA

Ulfah Ifta Khoiriyah, Ulfah (2017) PELAKSANAAN PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERTAMINA TERMINAL BAHAN BAKAR MINYAK (TBBM) REWULU DALAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI KELOMPOK JAMU JATI HUSADA MULYA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) latar belakang pelaksanaan program CSR Pertamina TBBM Rewulu, (2) pelaksanaan program CSR di kelompok jamu JHM, (3) hasil pelaksanaan program CSR di kelompok jamu JHM, (4) dampak pelaksanaan program CSR di kelompok jamu JHM, (5) faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah staff Community Development Officier (CDO) jamu Pertamina TBBM Rewulu, perempuan pengurus kelompok jamu JHM (ketua, sekretaris, bendahara), tiga anggota kelompok jamu JHM dan dua tokoh masyarakat Dusun Watu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program CSR dilatarbelakangi oleh komitmen Pertamina TBBM Rewulu untuk mengatasi dampak negatif operasi perusahaan dengan memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar serta bentuk komitmen terhadap peraturan perundangan. (2) Pelaksanaan program CSR meliputi 4 tahapan, perencanaan dilakukan social mapping dan sosialisasi. Pelaksanaan meliputi pelatihan pengembangan kapasitas kelembagaan, manajemen usaha, produksi jamu higienis, inovasi produk dan strategi pemasaran, penyuluhan koperasi berbadan hukum dan pembentukan kader kelompok. Tahap monitoring dilakukan setiap minggu serta tahap evaluasi yang dilakukan secara bertahap selama pelaksanaan kegiatan dan tahunan (3) Hasil pelaksanaan program CSR meliputi: peningkatan pengetahuan manajemen kelompok, pembuatan jamu higienis, koperasi berbadan hukum, peningkatan keterampilan membuat jamu, rumah produksi, sarana dan prasarana lengkap, sertifikasi produk, 13 varian produk, jangkauan pemasaran luas, serta desa wisata herbal. (4) Dampak ekonomi meliputi peningkatan pendapatan, terpenuhinya kebutuhan pokok, kepemilikan barang atau simpanan tabungan. Dampak sosial meliputi interaksi sosial yang efektif, terbentuknya kelompok sosial baru, serta perubahan nilai-nilai sosial. (5) Faktor pendukung: motivasi dan keinginan anggota, reward dan pendampingan yang intensif. Faktor penghambat: kesibukan anggota kelompok dan lemahnya kelembagaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Jul 2017 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51272

Actions (login required)

View Item View Item