Partisipasi Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus PAUD Tarbiyatus Shibyan dan PAUD Mutiara Hati).

Jamilah, Jamilah (2017) Partisipasi Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus PAUD Tarbiyatus Shibyan dan PAUD Mutiara Hati). S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-jamilah-08701269013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis dan mendeskripsikan partisipasi orang tua pada program PAUD, (2) menganalisis dan mengungkap bentuk partisipasi orang tua pada penyelenggaraan program PAUD, (3) menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua dalam penyelenggaraan PAUD, dan (4) menganalisis dan mendeskripsikan manfaat partisipasi orang tua pada penyelenggaraan pada program PAUD terutama pada anak, orang tua dan kualitas program PAUD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di PAUD Mutiara Hati dan PAUD Tarbiyatus Shibyan. Subjek penelitian ini adalah orang tua, pendidik dan pengelola. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, obserbvasi, dokumentasi dan Focus Group Discussion. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik kualitatif: pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) PAUD Tarbiyatus Shibyan mempunyai perencanaan program partisipasi orang tua yang disusun secara bersama sehingga kesiapan program PAUD bersifat aktif sedangkan PAUD Mutiara Hati belum mempunyai perencanaan program partisipasi orang tua yang disusun secara bersama sehingga kesiapan program PAUD bersifat pasif (2) Bentuk partisipasi orang tua dalam penyelenggaraan PAUD Tarbiyatus Shibyan berbentuk sebagai penyedia layanan, sumber dan sebagai pendidik, sedangkan bentuk partisipasi orang tua dalam penyelenggaraan PAUD Mutiara Hati berbentuk sebagai penyedia layanan (3) Faktor penghambat yang mempengaruhi partisipasi orang tua di PAUD Tarbiyatus Shibyan dan PAUD Mutiara Hati adalah faktor waktu, penghasilan rendah, serta pendidikan orang tua sedangkan faktor pendukung yang mempengaruhi partispasi orang tua yaitu kesadaran dan pemahaman orang tua. (4) Manfaat Partisipasi orang tua dalam penyelenggaran PAUD Tarbiyatus Shibyan dan PAUD Mutiara Hati adalah (a) anak merasa senang dengan kehadiran orang tua dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. (b) Orang tua mempunyai komitmen yang kuat terhadap program PAUD, orang tua dapat menemukan cara terbaik umtuk membuat kesempatan belajar bersama dengan anak sehingga terjalin hubungan antara rumah dan program PAUD serta orang tua memiliki tanggungjawab berpartisipasi ketika mengikuti kegiatan program PAUD. (c) Pada kualitas Program PAUD itu sendiri memiliki reputasi yang lebih baik serta mendapat dukungan orang tua sehingga peningkatan program pembelajaran PAUD berhasil secara optimal.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: orang tua, partisipasi, penyelenggaraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jul 2017 02:05
Last Modified: 20 Jun 2022 01:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50972

Actions (login required)

View Item View Item