PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG (VIDEO BLOGGING) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DAN MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMAN 2 NGAGLIK

Fitriyani, Laila and Wiyatmo, Yusman (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VLOG (VIDEO BLOGGING) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN DAN MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMAN 2 NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Laila Fitriyani_13302241028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menghasilkan produk media pembelajaran fisika video blogging yang layak untuk menumbuhkan kemandirian belajar serta meningkatkan penguasaan konsep, 2) mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran Fisika Video blogging, dan 3) mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika ketika siswa menggunakan media pembelajaran fisika video blogging. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap define merupakan tahap awal untuk mendefinisikan permasalahan. Tahap design dilakukan dengan mengembangkan rancangan awal video blogging pembelajaran fisika dan instrumen penelitian. Tahap develope dilakukan untuk menghasilkan video blogging pembelajaran fisika yang layak serta mengetahui tumbuhnya rasa kemandirian peserta didik. Kelayakan video blogging pembelajaran fisika dilakukan dengan analisis Sbi, dilihat dari rata-rata skor penilaian validator dari segi media dan materi serta dari respon peserta didik yang diubah menjadi kategori kualitatif. Tumbuhnya kemandirian belajar peserta didik diketahui berdasarkan lembar angket kemandirian peserta didik sebelum dan setelah menyaksikan video blogging pembelajaran fisika. Jumlah subjek penelitian pada uji terbatas dan uji luas secara berturut-turut adalah 30 peserta didik dan 60 peserta didik. Data penguasaan konsep diperoleh dengan pretest dan posttest, data penguasaan konsep tersebut dianalisis dengan standar gain. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran vlog pembelajaran fisika dalam skala luas di SMAN 2 Ngaglik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media video blogging pembelajaran fisika yang dikembangkan layak digunakan oleh sasaran pengguna berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan guru SMA kelas X dengan hasil rata-rata dari segi media sebesar 3,22 (sangat baik) dan segi materi sebesar 3,12 (sangat baik), serta hasil respon peserta didik 2,98 (baik) pada uji coba terbatas dan 3,08 (sangat baik) pada uji coba luas, 2) media video blogging pembelajaran fisika pada materi usaha dan energi mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik SMAN 2 Ngaglik dengan kategori sedang, dan 3) peningkatan penguasaan materi peserta didik setelah peserta didik melihat tayangan video blogging pada kategori sedang. Kata kunci: video blogging, kemandirian belajar, penguasaan konsep, usaha dan energi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Jul 2017 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 14:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50833

Actions (login required)

View Item View Item