EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PARENTING DI KELOMPOK BERMAIN (KB) PRIMA SANGGAR, SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL

Endah Dwi Pratiwi, Endah (2017) EVALUASI PENYELENGGARAAN PROGRAM PARENTING DI KELOMPOK BERMAIN (KB) PRIMA SANGGAR, SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Endah Dwi Pratiwi_12102241013.compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi : 1) Konteks (Context) : Kesesuaian program dengan kebutuhan peserta program; Tujuan Program. 2) Masukan (Input): Karakteristik peserta program; Karakteristik narasumber; Pendanaan; Sarana dan prasarana. 3) Proses (Process): Aktivitas peserta program; Aktivitas narsumber; Metode pembelajaran; Partisipasi peserta program; serta Materi program. 4) Produk (Product): Ketercapaian tujuan program; Hasil belajar; Dampak program. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan model evaluasi program CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa program parenting layak untuk dilaksanakan kembali dengan beberapa masukan. 1) Evaluasi konteks (Context): Program yang diselenggarakan oleh KB Prima Sanggar telah sesuai dengan kebutuhan peserta program; Tujuan yang ditetapkan oleh lembaga selaras dengan tujuan peserta. 2) Evaluasi masukan (Input): Peserta tidak dituntut memiliki keahlian khusus dalam mengikuti program; Peserta mengikuti program atas keinginan sendiri; Karakteristik narasumber dalam program telah sesuai dengan materi; Pendanaan program berasal dari lembaga; Sarana dan prasarana sudah menunjang proses pelaksanaan program, hanya pada kendala seperti ketersediaan peralatan praktek memasak yang terbatas. 3) Evaluasi proses (Process): Peserta program aktif dalam pembelajaran; Narasumber mampu menyampaikan materi dengan baik dan dapat berinteraksi dengan peserta; Narasumber memberikan kesempatan tanya jawab dan praktek untuk menghilangkan kejenuhan; Partisipasi peserta cukup antusias dan bersemangat mengikuti program; Materi yang disampaikan telah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan PAUD berbasis keluarga, hanya yang perlu diperhatikan dalam pelaksanannya, yaitu pada jadwal pelaksanaan program.4) Evaluasi produk (Product): Secara keseluruhan evaluasi hasil dapat dikatan baik, karena tujuan yang direncanakan telah tercapai dan dapat memberikan hasil serta dampak yang bermanfaat bagi peserta program. Kata kunci: Evaluasi, program parenting.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 18 Jul 2017 03:14
Last Modified: 30 Jan 2019 14:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50792

Actions (login required)

View Item View Item