Implementasi Pendekatan Konstruktivistik pada Pembelajaran Sains di SMP Negeri 34 Makassar Sulawesi Selatan

Subaedah, Subaedah (2009) Implementasi Pendekatan Konstruktivistik pada Pembelajaran Sains di SMP Negeri 34 Makassar Sulawesi Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-subaidah-07708251010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengaruh pendekatan konstruktivistik dan pendekatan konvensional terhadap: 1) pemahaman dan penerapan konsep sains; 2) minat belajar sains; dan 3) kinerja ilmiah dalam bidang sains. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan variabel bebas pendekatan konstruktivistik dan pendekatan konvensional, variabel terikat meliputi: pemahaman dan penerapan konsep sains, minat belajar sains, dan kinerja ilmiah sains. Pengambilan data pemahaman dan penerapan konsep menggunakan soal objektif tes, minat belajar menggunakan angket dengan pengukuran rating scale Likert, kinerja ilmiah menggunakan observasi laboratorium. Validitas instrumen dilakukan dengan item and test analysis. Data dianalisis menggunakan t-test. Populasi penelitian siswa SMP Negeri 34 Makassar, sebagai sampel siswa kelas VII2 dan kelas VII5 dipilih secara acak. Desain eksperimen yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah randomized control-group pretest-posttest design. Jenis perlakuan eksperimen menerapkan pendekatan konstuktivistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman dan penerapan konsep sains siswa dengan pendekatan konstruktivistik dan pendekatan konvensional, dengan perolehan nilai t = 10.355, p = 0.000; 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar sains siswa dengan pendekatan konstruktivistik dan pendekatan konvensional, dengan perolehan nilai t = 4.827, p = 0.000; dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja ilmiah sains siswa dengan pendekatan konstruktivistik dan pendekatan konvensional, dengan perolehan nilai t = 9.058, p = 0.000. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemahaman dan penerapan konsep sains, minat belajar sains, dan kinerja ilmiah sains siswa dengan pendekatan pembelajaran konstruktivistik dan pendekatan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, sains
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:57
Last Modified: 29 Jan 2019 12:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50417

Actions (login required)

View Item View Item