ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK DALAM PENERAPAN BUKU PENGAYAAN GURU UNTUK DEMONSTRASI BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA TAHUN AJARAN 2016/2017

Handayani, Fitri (2017) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK DALAM PENERAPAN BUKU PENGAYAAN GURU UNTUK DEMONSTRASI BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Skripsi_Fitri.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) keterlaksanaan implementasi buku pengayaan guru 2) profil keterampilan proses sains siswa dalam implementasi buku pengayaan guru. Buku pengayaan guru berisi panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan metode demonstrasi berbasis POE. Penelitian ini merupakan penelitian one-shot case study. Sejumlah 31 orang siswa diambil secara purposive sebagai sampel. Siswa diajar menggunakan kegiatan laboratorium berdasarkan Lembar Kerja Siswa yang diambil dari buku pengayaan guru. Teknik observasi, dokumentasi dan kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan data penelitian. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan guru dapat diimplementasikan dengan baik dan kegiatan pembelajaran berdasarkan buku tersebut dapat dilaksanakan di dalam kelas. Hasil analisis dari observasi kegiatan pembelajaran menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa dapat dikembangkan dalam implementasi buku pengayaan guru. Pada praktikum pertama, semua keterampilan proses sains siswa yang diamati masuk dalam kategori “Sangat Bagus”, kecuali keterampilan memprediksi masuk dalam kategori “Cukup”. Pada praktikum kedua, semua keterampilan proses sains siswa yang diamati masuk dalam kategori “Sangat Bagus”, kecuali keterampilan memprediksi masuk dalam kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 19 Jun 2017 06:59
Last Modified: 30 Jan 2019 14:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49994

Actions (login required)

View Item View Item