Pengaruh Penguasaan Konsep Pertahanan Keamanan Nasional dalam Pembelajaran PPKn dan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Sikap Patriotik Siswa MAN Kota Yogyakarta

Putri, Devi Sutrisno (2017) Pengaruh Penguasaan Konsep Pertahanan Keamanan Nasional dalam Pembelajaran PPKn dan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Sikap Patriotik Siswa MAN Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-devi-sutrisno-putri-15730251034.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep pertahanan keamanan nasional dalam pembelajaran PPKn dan keaktifan dalam kegiatan ekstrakuriuler Pramuka terhadap sikap patriotik siswa MAN di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN Kota Yogyakarta, yang terdiri atas tiga sekolah. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII MAN di Kota Yogyakarta yang berjumlah 1.120 siswa. Sedangkan, sampel dari penelitian ini adalah 20% dari jumlah populasi, yaitu sebanyak 225 siswa yang diambil dengan teknik quota sampling. Data penguasaan konsep pertahanan keamanan nasional dalam pembelajaran PPKn dikumpulkan melalui instrumen tes, sedangkan data keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan sikap patriotik siswa dikumpulkan melalui instrumen angket. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) penguasaan konsep pertahanan keamanan nasional dalam pembelajaran PPKn berpengaruh positif terhadap sikap patriotik siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung = 2,721 dan sig. = 0,007 < 0,05. Nilai positif pada t hitung memberikan arti bahwa pengaruh konsep pertahanan keamanan nasional dalam pembelajaran PPKn terhadap sikap patriotik berbanding lurus. Semakin tinggi tingkat penguasaan siswa mengenai konsep pertahanan keamanan nasional dalam pembelajaran PPKn, maka akan semakin tinggi pula sikap patriotik yang dimiliki siswa. (2) Keaktifan dalam kegiatan ekstrakurkuler Pramuka berpengaruh positif terhadap sikap patriotik siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung = 3,759 dan sig. = 0,000 < 0,05. Nilai positif pada t hitung memberikan arti bahwa pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Pramuka terhadap sikap patriotik berbanding lurus. Semakin tinggi atau aktif tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, maka akan semakin tinggi pula sikap patriotik yang dimiliki siswa. (3) Penguasaan konsep pertahanan keamanan nasional dalam pembelajaran PPKn dan keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap sikap patriotik siswa MAN di Kota Yogyakarta hal ini ditunjukkan dengan nilai F = 11,827 dan sig. = 0,000 < 0,05. Kedua variabel tersebut secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 9,6% terhadap sikap patriotik siswa MAN di Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2017 02:12
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49634

Actions (login required)

View Item View Item