Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Mengolah Limbah Kertas Semen Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Kota Binjai, Propinsi Sumatera Utara

Irwan, Mahfuzi (2017) Evaluasi Program Pelatihan Keterampilan Mengolah Limbah Kertas Semen Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya Kota Binjai, Propinsi Sumatera Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mahfuzi-irwan-15704251002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi: (1) context, (2) input, (3) process dan (4) product program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen yang diselenggarakan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1986) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dalam evaluasi ini yaitu 21 orang peserta pelatihan keterampilan, lima orang fasilitator pelatihan, dan satu orang penyelenggara program. Instrumen pengumpul data penelitian yang digunakan ialah kuisioner dengan menggunakan skala Likert, Acuan penilaian kriteria yang dipakai adalah penilaian acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aspek context program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 3,00 dari total skor yang telah ditetapkan; (2) aspek input program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 2,59 dari total skor yang telah ditetapkan; (3) aspek process program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 2,53 dari total skor yang telah ditetapkan; dan (4) aspek product program pelatihan keterampilan mengolah limbah kertas semen berada dalam kategori tidak baik dengan rerata skor sebesar 2,06 dari total skor yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan luar sekolah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2017 08:51
Last Modified: 29 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49606

Actions (login required)

View Item View Item