Aryo Danang Wicaksono, Aryo Danang Wicaksono (2016) LAPORAN AKHIR PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
cover.docx Download (147kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.doc Download (83MB) |
|
Text
halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran, abstrak.rtf Download (2MB) |
|
Text
ISI LAPORAN.doc Download (263kB) |
|
Text
LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL FIX.docx Download (141kB) |
|
Text
matriks.rtf Download (1MB) |
|
Text
RPP 5c.docx Download (887kB) |
|
Text
rpp bahasa kelas 5.docx Download (143kB) |
|
Text
RPP ipa kelas 2.docx Download (1MB) |
|
Text
rpp ipa kelas 5.docx Download (1MB) |
|
Text
RPP IPS kelas 2.docx Download (909kB) |
|
Text
rpp ips kelas 5.docx Download (1MB) |
|
Text
rpp kelas 2.docx Download (1MB) |
|
Text
rpp nilai tempat.docx Download (896kB) |
|
Text
SERAPAN DANA PPL.docx Download (20kB) |
Abstract
PPL adalah Praktik Pengalaman Lapangan dan merupakan suatu bentuk pendidikan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah sebagai sarana bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama di bangku kuliah guna mengukur seberapa besar kemampuannya dalam memenuhi peran sebagai anggota masyarakat. Pada kelompok PPL di sekolah, mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan atau pembangunan sekolah. Dalam hal ini akan tampak peranan mahasiswa sebagai inovator, mediator, problem solver dan motivator dalam rangka merangsang peningkatan kualitas sekolah, baik secara fisik maupun non fisik. Pelaksanaan PPL di SD N Surokarsan 2 dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Setelah melakukan observasi dan mengamati kondisi yang ada, mahasiswa praktikan merencanakan beberapa program yang dilaksanakan selama masa PPL. Program tersebut meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), persiapan dan pembuatan media, dan praktik mengajar. Dalam praktik mengajar, mahasiswa melakukan 4 kali praktik mengajar terbimbing, 4 kali praktik mrngajar mandiri dan 1 kali ujian praktik mengajar. Pada dasarnya seluruh kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya, tetapi hambatan tersebut dapat diatasi berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari seluruh rekan mahasiswa serta pihak sekolah. Dari pelaksanaan PPL tersebut mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam hal manajerial di sekolah dan permasalahan yang dihadapi yang bermanfaat sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : PPL, terbimbing, mandiri |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 06:14 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:33 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49463 |
Actions (login required)
View Item |