KEMAMPUAN PEMANDU PROGRAM PLS GL ZOO DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KEBUN RAYA KEBUN BINATANG (KRKB) GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA

Rita Andriani, Rita (2017) KEMAMPUAN PEMANDU PROGRAM PLS GL ZOO DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI KEBUN RAYA KEBUN BINATANG (KRKB) GEMBIRA LOKA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Rita Andriani_13102241034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang : (1) Kemampuan pemandu program PLS GL zoo dalam memanfaatkan media pembelajaran di KRKB Gembira Loka, (2) Faktor pendukung serta faktor penghambat kemampuan pemandu program PLS GL zoo dalam memanfaatkan media pembelajaran di KRKB Gembira Loka Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pengelola, pemandu, dan guru peserta didik yang menjadi peserta pembelajaran luar sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkang keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini antara lain : (1) Kemampuan pemandu program PLS GL zoo dalam memanfaatkan media pembelajaran di KRKB Gembira Loka meliputi tiga aspek yaitu (a) To conduct yaitu melaksanakan program PLS GL zoo sesuai yang telah di tetapkan (b) To point out yaitu mengantarkan dan menjelaskan kepada peserta program PLS GL zoo tentang flora dan fauna (c) To infrom yaitu menjelaskan kepada peserta kegiatan PLS GL zoo tentang flora dan fauna yang mera lihat. Selain itu pemandu PLS GL zoo harus memiliki 3 aspek lain yaitu, (a) persiapan, yaitu tahap mempersiapkan seluruh alat, bahan serta SDM yang dibutuhkan untuk kepemanduan, (b) langkah-langkah yaitu tahapan-tahapan dalam melaksanakan kegiatan PLS GL zoo dan (c) evaluasi yaitu mengevaluasi persiapan dan kegiatan yang sudah dilakukan dalam program PLS GL zoo, (2) Faktor pendukung kemampuan pemandu program PLS GL zoo dalam memanfaatkan media pembelajaran adalah adanya kebijakan dari pemerintah, peserta yang antusias, kemampuan pemandu yang baik, dan materi pembelajaran yang sudah seseuai dengan kebutuhan peserta. Faktor penghambat kemampuan pemandu program PLS GL zoo dalam memanfaatkan media pembelajaran luar sekolah yaitu kurangnya sosialisasi program, kemampuan pemandu yang tidak sama, alat dan bahan yang terbatas, belum adanya inovasi program dan media pembelajaran, usia anak yang variatif. Kata Kunci: Kemampuan Pemandu, PLS GL Zoo, Pembelajaran Luar Sekolah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 23 May 2017 07:33
Last Modified: 30 Jan 2019 14:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49269

Actions (login required)

View Item View Item