Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri

Ningrum, Marta Dwi (2017) Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-marta-dwi-ningrum-15704251013.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) pelaksanaan program pemberdayaan pedagang pasar tradisional dalam pondok komunitas belajar di SKB Kabupaten Wonogiri, (2) hasil program pemberdayaan pedagang pasar tradisional dalam pondok komunitas belajar di SKB Kabupaten Wonogiri, dan (3) faktor-faktor keberhasilan pemberdayaan pedagang pasar tradisional dalam pondok komunitas belajar di SKB Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode diskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah para pedagang pasar tradisional Pasar Wonogiri sebagai warga belajar, narasumber, dan penyelenggara program Pondok Komunitas Belajar. Teknik analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti yang dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman dokumentasi, dan pedoman observasi. Pengesahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan program pondok komunitas belajar meliputi beberapa tahap yaitu a) Perencanaan/persiapan, perencanaan program dilakukan dengan menentukan kebutuhan sasaran program, penetapan jenis pelatihan, penentuan kepengurusan, penjaringan warga belajar, penentuan waktu dan tempat pelaksanaan, penentuan narasumber dan materi pembelajaran. penentuan jadwal kegiatan dan penentuan evaluasi kegiatan. b) Pelaksanaan, yaitu melaksanakan segala hal yang sudah direncanakan meliputi narasumber, warga belajar hingga penggunaan metode, media, dan strategi pembelajaran, c) Monitoring dan evaluasi, serta d) Tindak lanjut, berupa kegiatan konsultasi dan pembinaan. 2) Hasil program pemberdayaan pedagang pasar dalam pondok komunitas belajar meliputi beberapa tahap yaitu penambahan pengetahuan dan ketrampilan, adanya kesadaran untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan, penambahan relasi, dan kegiatan usaha.3) Faktor-faktor keberhasilan program meliputi perencanaan program yang matang, motivasi belajar warga belajar yang tinggi, ketepatan materi dan metode pembelajaran, narasumber yang berkompeten dan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat, dan sarana prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komunitas belajar, pasar tradisional, pedagang, pemberdayaan masyarakat, Sanggar Kegiatan Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 May 2017 02:16
Last Modified: 09 May 2019 08:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49249

Actions (login required)

View Item View Item