PENGARUH KOMBINASI MEDIA SERBUK GERGAJI BATANG POHON KELAPA (Cocos nucifera, L.) DAN RUMPUT MANILA (Zoysia matrella) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus)

Pradinasari, Arin (2017) PENGARUH KOMBINASI MEDIA SERBUK GERGAJI BATANG POHON KELAPA (Cocos nucifera, L.) DAN RUMPUT MANILA (Zoysia matrella) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
01 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pemeliharaan serbuk gergaji batang pohon kelapa dan rumput manila terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing Lumbricus rubellus. Desain penelitian ini adalah eksperimen satu faktor yang menggunakan pola acak lengkap. Objek penelitian adalah cacing Lumbricus rubellus yang sudah berklitelum. Terdapat lima macam variasi media penelitian yang diuji coba yaitu media 100% serbuk gergaji batang pohon kelapa, 100% rumput manila, 25% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 75% rumput manila, 50% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 50% rumput manila, 75% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 25% rumput manila. Pada setiap media dilakukan lima kali ulangan. Wadah media pemeliharaan yang digunakan adalah bak plastik berukuran 35 x 30 x 10 cm. Penelitian berlangsung selama dua bulan dengan dua kali pengambilan data. Parameter yang diamati adalah biomassa cacing, jumlah kokon, berat kokon, dan ukuran kokon. Data dianalisis menggunakan One Way Anova kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada hasil yang berbeda nyata, serta uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media serbuk gergaji batang pohon kelapa dan rumput manila berpengaruh nyata (P<0,01) meningkatkan pertumbuhan dan produksi kokon cacing Lumbricus rubellus. Kombinasi media yang paling baik untuk pertumbuhan cacing tanah adalah 75% serbuk gergaji batang pohon kelapa dan 25% rumput manila. Sedangkan kombinasi media yang paling baik untuk produksi kokon cacing adalah 50% serbuk gergaji batang pohon kelapa dan 50% rumput manila. Kata Kunci: Lumbricus rubellus, serbuk gergaji batang pohon kelapa, rumput manila, pertumbuhan, produksi kokon

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 19 May 2017 07:05
Last Modified: 30 Jan 2019 14:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49205

Actions (login required)

View Item View Item