Pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Scientific Method, Kompetensi Kognitif, dan Sikap Keingintahuan Peserta Didik SMP

Sariyani, Sariyani (2017) Pengaruh Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Scientific Method, Kompetensi Kognitif, dan Sikap Keingintahuan Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sariyani-15708259005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh SSP IPA Berbasis Discovery Learning terhadap: 1) kompetensi kognitif dan sikap keingintahuan; 2) kompetensi kognitif; 3) sikap keingintahuan; dan 4) keterampilan scientific method peserta didik kelas VIII SMP se-Kecamatan Banggai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain pre- post non equivalen control group design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP se-Kecamatan Banggai pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Sampel dipilih secara purposive sampling berdasarkan akreditasi sekolah, sehingga ditetapkan dua sekolah yaitu SMP Negeri 1 Banggai (sekolah akreditasi A) dan SMP Al - Khairat Banggai (Sekolah Akreitasi B). Setiap sekolah dipilih dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur kompetensi kognitif, sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan non tes berupa angket digunakan untuk mengukur sikap keingintahuan sebelum dan sesudah perlakuan, dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keterampilan scientific method selama perlakuan diberikan. Untuk memperkuat hasil dari angket sikap, digunakan juga lembar observasi sikap sebagai data pendukung dalam penelitian. Tes dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan instrument hasil pengembangan perangkat SSP dari Ignatius Sutarja (2015) yang telah dinyatakan valid untuk diuji empiris. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA satu jalur (One-way Manova), independent t - tes, dan pengukuran berulang (repeated measure) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap kompetensi kognitif dan sikap keingintahuan peserta didik SMP baik di sekolah akreditasi A maupun B; (2) terdapat pengaruh signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap kompetensi kognitif disekolah akreditasi A dan B; (3) terdapat pengaruh signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap sikap keingintahuan disekolah akreditasi A dan B; dan (4) terdapat pengaruh signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap keterampilan scientific method di sekolah akreditasi A; tidak terdapat pengaruh signifikan SSP IPA berbasis discovery learning terhadap keterampilan scientific method disekolah akreditasi B.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 10 May 2017 06:50
Last Modified: 29 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49111

Actions (login required)

View Item View Item