Muchendar, Muchendar (2009) Manajemen Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Kejuruan Pada SMK Kelompok Teknologi Industri di Kabupaten Banyumas. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-muchendar-05703259019.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengkoordinasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam peningkatan kompetensi profesional guru kejuruan pada SMK kelompok teknologi dan industri di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuntitatif yang dilakukan pada pelaksanaan fungi-fungsi manajemen oleh kepala sekolah dan guru kejuruan SMK di Kabupaten Banyumas. Sumber informasi sesuai dengan focus penelitian ini di ambil dari 23 SMK kelompok teknologi dan industri di Kab Banyumas yang terdiri dari, 23 kepala sekolah dan 70 guru kejuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengkajian dokumen dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif model descriptif statistik. Hasil penelitian manajemen peningkatan kompetensi guru kejuruan pada SMK kelompok teknologi industri di Kabupaten Banyumas menurut kepala sekolah menunjukan bahwa: (1) komponen perencanaan diketahui nilai rerata (Mi) = 2,879 standar deviasi (SD) = 0,287 skor ubahan pada komponen perencanaan adalah Mi + 0,5SD = 2,879 + 0,143 = 3,022 kategori baik; (2) komponen pengorganisasian diketahui nilai rerata (Mi) = 2,474 standar deviasi (SD) = 0,295 skor ubahan pada komponen pengorganisasian adalah Mi + 0,5SD = 2,474 + 0,147 = 2,621 kategori kurang. (3) komponen pelaksanaan diketahui nilai rerata (Mi) = 2,695 standar deviasi (SD) = 0,247 skor ubahan pada komponen pelaksanaan adalah Mi + 0,5SD = 2,695 + 0,123 = 2,818 kategori baik; (4) komponen pengawasan diketahui nilai rerata (Mi) = 2,651 standar deviasi (SD) = 0,477 skor ubahan pada komponen pengawasan adalah Mi + 0,5SD = 2,651 + 0,238 = 2,889 kategori baik. Hasil penelitian manajemen peningkatan kompetensi guru kejuruan pada SMK kelompok teknologi industri di Kabupaten Banyumas menurut guru kejuruan menunjukan bahwa: (1) komponen perencanaan diketahui nilai rerata (Mi) = 2,180 standar deviasi (SD) = 0,410 skor ubahan pada komponen perencanaan adalah Mi + 0,5SD = 2,180 + 0,205 = 2,385 kategori kurang; (2) komponen pengorganisasian diketahui nilai rerata (Mi) = 2,204 standar deviasi (SD) =0,391 skor ubahan pada komponen pengorganisasian adalah Mi + 0,5SD = 2,204 + 0,195 = 2,399 kategori kurang. (3) komponen pelaksanaan diketahui nilai rerata (Mi) = 2,299 standar deviasi (SD) = 0,162 skor ubahan pada komponen pelaksanaan adalah Mi + 0,5SD = 2,299 + 0,081 = 2,380 kategori kurang; (4) komponen pengawasan diketahui nilai rerata (Mi) = 2,666 standar deviasi (SD) = 0,126 skor ubahan pada komponen pengawasan adalah Mi + 0,5SD = 2,666 + 0,063 = 2,729 kategori kurang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi profesional guru |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 05:53 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 12:19 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48928 |
Actions (login required)
View Item |