PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS I SDN PANDEYAN YOGYAKARTA

Fajriani, Rahayu Nur (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK SISWA KELAS I SDN PANDEYAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rahayu Nur Fajriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Pandeyan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Pandeyan yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data secara kualitatif menggunakan lembar observasi dan secara kuantitatif menggunaka tes keterampilan membaca. Teknis analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book siswa kelas I SD dapat ditempuh dengan langkah-langkah 1) siswa memperhatikan media Big Book, 2) siswa aktif memprediksi isi cerita pada Big Book, 3) siswa diberi contoh membaca Big Book dengan lafal dan intonasi yang tepat dan siswa menirukan, 4) mencocokan prediksi siswa dengan cerita yang telah dibaca, 5) siswa memperhatikan guru memberikan contoh membaca dengan menunjuk kata demi kata, 6) siswa berkomentar dan bertanya terkait kosakata dan cerita pada Big Book, 7) siswa mengulangi membaca cerita pada Big Book secara berkelompok maupun individu. Penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui media Big Book pada siswa kelas I SDN Pandeyan Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. peningkatan keterampilan membaca permulaan dibuktikan dengan persentase siswa yang mencapai nilai rata-rata kelas pada pratindakan 35%, naik menjadi 65% pada siklus I, dan meningkat menjadi 83% pada siklus II. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book, kelas I SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Apr 2017 05:31
Last Modified: 30 Jan 2019 13:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48832

Actions (login required)

View Item View Item