PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA PADA KELUARGA BERMASALAH DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) SEKARSARI YOGYAKARTA

Ribka Ambarwati, Ribka (2017) PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA PADA KELUARGA BERMASALAH DI LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA (LK3) SEKARSARI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Ribka Ambarwati_13102241033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) pengelolaan program layanan konsultasi kesejahteraan keluarga pada keluarga bermasalah di LK3 Sekarsari. (2) Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan program layanan konsultasi kesejahteraan keluarga pada keluarga bermasalah di LK3 Sekarsari dan (3) Hasil pengelolaan program layanan konsultasi kesejahteraan keluarga pada keluarga bermasalah di LK3 Sekarsari Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pengurus, anggota tim profesional dan klien di LK3 Sekarsari. Penentuan subyek dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik yang diguakan untuk menjelaskan keabsahan data adalah dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pengelolaan program layanan konsultasi kesejahteraan keluarga di LK3 Sekarsari melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan dengan melakukan rapat rutin secara internal dan eksternal, pengorganisasian dengan penyusunan struktur organisasi dan pembagian kerja, pelaksanaan dengan berdasarkan SOP dan kebutuhan klien, koordinasi baik itu secara internal lembaga dan menjalin jejaring kerja, serta pengawasan yang dilakukan oleh pemimpin lembaga dan dinas sosial. (2) Faktor pendukung yaitu : (a) dukungan dari mitra kerja dan instansi terkait, (b) pelayanan yang baik, (c) komitmen dan dukungan dari pengurus dan tim profesional. (3) Faktor penghambat yang mempengaruhi pengelolaan adalah terbatasnya sarana penunjang kegiatan. (4) Hasil pengelolaan program layanan yang diterima oleh klien belum sepenuhnya mampu mempertahankan keutuhan keluarga yang dibuktikan dengan penyelesaian kasus oleh LK3 Sekarsari yang masih banyak mengarah ke perceraian. Kata Kunci : Pengelolaan Program, Pelayanan Sosial, Keluarga, LK3

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 17 Apr 2017 06:41
Last Modified: 30 Jan 2019 13:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48759

Actions (login required)

View Item View Item