Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Fluida Statis Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Kreatif Siswa SMA

Lambonan, Oldi Malfri (2017) Pengembangan Subject Spesific Pedagogy (SSP) Fluida Statis Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Kreatif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-oldi-malfri-lambonan- 14726251037.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan SSP fluida statis berbasis CPS yang memenuhi kriteria layak, (2) mendeskripsikan keefektifan Subject SSP fluida statis CPS terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA, dan (3) mendeskripsikan keefektifan SSP fluida statis berbasis CPS terhadap peningkatan sikap kreatif siswa SMA. Desain penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Langkah-langkah pengembangan meliputi: (1) define, dilakukan studi pendahuluan, analisis siswa, analisis tugas, dan analisis konsep, (2) design, berkaitan dengan perancangan format SSP dan penyusunan draf SSP), (3) develop, merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi ahli dan ujicoba terbatas kemudian diujicoba di SMA N 1 Manado, dan (4) disseminate terbatas dengan menyerahkan produk kepada kepada guru fisika SMA N 1 Manado, SMA N 9 Manado dan SMA N 1 Tareran. Produk yang dikembangkan berupa RPP, bahan ajar, LKS beserta instrumen penelitian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 SMA N 1 Manado. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi SSP, lembar observasi, lembar tes kemampuan pemecahan masalah dan angket sikap kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda dengan manova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) SSP fluida statis berbasis CPS yang dikembangkan terdiri dari RPP, bahan ajar (buku), LKS, tes pemecahan masalah serta angket sikap kreatif memenuhi kriteria layak berdasarkan penilaian ahli, guru fisika, dan teman sejawat serta melalui uji coba luas di SMA N 1 Manado. (2) SSP fluida statis berbasis CPS yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa SMA N 1 Manado. (3) SSP fluida statis berbasis CPS yang dikembangkan efektif meningkatkan sikap kreatif siswa SMA N 1 Manado

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP fluida statis, creative problem solving, kemampuan pemecahan masalah, sikap kreatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Apr 2017 06:26
Last Modified: 09 May 2019 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48497

Actions (login required)

View Item View Item