EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI PENGUASAAN TEKNIK DASAR AEROBIC GYMNASTICS

Endang Rini, Sukamti EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI PENGUASAAN TEKNIK DASAR AEROBIC GYMNASTICS. Olahraga.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS_METODE_PEMBELAJARAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran nomor Aerobic Gymnastics dalam pencapaian penguasaan teknik dasar. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa pengambil konsentrasi senam Aerobic Gymnastics dan atlet Aerobic Gymnastics dari Club Klinik Kebugaran FIK UNY yang berjumlah 12 orang (10 wanita dan 2 pria). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode bagian dan keseIuruhan p> 0.766, dan kedua metode tersebut dapat meningkatkan penguasaan tekuik dasar p> 0.762. Selain itu, data yang dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan p= 0.930 status normal dan uji homogenitas p= 0.474 status homogen. Pada teknik gerak high kick dan side swing p> 0.142 dan p> 0.074 menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikall untuk kedua metode tersebut, sedangkan pada teknik gerak straddle, free fall dan push up p= 0.008, p= 0.000 dan p= 0.002 metode bagian Iebih baik untuk meningkatkan penguasaan tekuik gerak dibandingkan metode keseluruhan.

Item Type: Article
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:44
Last Modified: 03 Sep 2012 15:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item