PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 2 BLUNYAHAN SEWON BANTUL

Maryen, Rosalina (2017) PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD 2 BLUNYAHAN SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rosalina Maryen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV, tahun ajaran 2015/2016 dengan menerapkan model inkuiri sosial. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang terdiri siklus yang masing-masing siklus terdiri perencaaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelituan adalah siswa kelas IV SD 2 Blunyahan yang berjumlah 29 siswa dan objek dalam penelitian adalah hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes dianalisis dengan deskriptif kuantitatif, sedangkan hasil observasi dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I hasil siswa diperoleh dari 29 siswa hanya 18 siswa yang mencapai nilai ≥ 75, sedangkan 11 siswa atau 38 % yang belum tuntas. Pada tindakan siklus II yang mencapai ketuntasan 26 siswa dengan peresentase mendapatkan skor ≥ 75 mencapai 89%, dan yang belum mencapai ketuntasan 3 siswa dengan presentase 11%. Pelaksanaan observasi pada kegiatan siswa yaitu, a)siswa beroriantasi pada masalah, b) siswa menyusun hipotesis, c) siswa membuat perumusan dan batasan masalah, d) siswa membuat eksplorasi e) siswa mengumpulkan fakta dan data, f) siswa generalisai atau terhadap masalah. Kata kunci: model inkuiri sosial, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Mar 2017 03:22
Last Modified: 30 Jan 2019 13:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48051

Actions (login required)

View Item View Item