MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKECERDASAN INTERPERSONAL RENDAH DI KELAS IV B SD NGOTO

Nainggolan, Lasmaria Junita (2017) MOTIVASI BELAJAR SISWA BERKECERDASAN INTERPERSONAL RENDAH DI KELAS IV B SD NGOTO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Lasmaria Junita Nainggolan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Motivasi Belajar Siswa Berkecerdasan Interpersonal Rendah di Kelas IV B SD Ngoto. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa Fs, adapun informan sebagai berikut; 4 orang siswa kelas IV Sd Ngoto, orangtua, 1 orang tetangga, dan 3 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Fs tidak menunjukan keinginan untuk bekerja keras dalam menyelesaikan tugas. Fs tidak pernah bertanya walaupun sudah diberi kesempatan untuk bertanya. Keinginan untuk terus mencoba sesuatu hal yang tidak berkaitan dengan pembelajaran, menampilkan raut muka senang saat memperoleh penghargaan verbal, seperti pujian, bersemangat saat beraktivitas, menampilkan antusiasme saat belajar di dalam atau di luar kelas dapat diimplikasikan bahwa Fs tidak pernah mengerjakan tugas atas kesadaran sendiri, akan mengerjakan tugas jika dipaksa atau karena ulangan, tidak mau bertanya saat diberi kesempatan untuk bertanya, tidak mau mencoba sesuatu hal, senang ketika diberi pujian, bersemangat saat beraktivitas walau lebih pada permainan. Motivasi belajar siswa (Fs) rendah karena orang tua yang cenderung lebih membebaskan anaknya dalam menentukan segala pilhannya terutama dalam hal belajar, oleh karena itu walau dengan paksaan Fs mengerjakan tugas maka pemantauan terhadap Fs dalam pembelajaran sebaiknya ditingkatkan dan dioptimalkan serta selalu memberikan pujian saat Fs berhasil mengerjakan hal-hal kecil sekalipun. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Motivasi belajar siswa (Fs), akan lebih meningkat serta materi yang disampaikan oleh guru akan lebih mudah dipahami siswa. Kata kunci: motivasi belajar, kecerdasan interpersonal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2017 02:26
Last Modified: 30 Jan 2019 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47938

Actions (login required)

View Item View Item