UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN METODE STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD KRAPYAK WETAN SEWON BANTUL

Yuadarma, Isti (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN METODE STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD KRAPYAK WETAN SEWON BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Isti Yuadarma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS, dengan menerapkan metode studi kasus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan subjek tindakan yaitu siswa-siswi kelas IV SD Krapyak Wetan yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Tindakan yang dilakukan adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode studi kasus. Pada siklus I dilakukan empat kali pertemuan yang terdiri dari 3 kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk melakukan tes evaluasi. Siklus II juga dilakukan empat kali pertemuan yang terdiri dari tiga kali untuk pelaksanaan pembelajaran dan satu kali untuk menyelesaikan tes evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode studi kasus pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. pelaksanaannya yaitu: a) siswa mengenal gejala, b) siswa menganalisis permasalahannya, c) Siswa membuat hipotesis, d) siswa mencari sumber informasi tentang faktor penyebab permasalahan, e) Siswa membuat solusi untuk permasalahan tersebut, f) siswa membuat kesimpulan. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil tes yang diberikan dimana pada pra tindakan persentasenya (42%), pada siklus I meningkat menjadi (67%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi (79%). Kata kunci: berpikir kritis, metode studi kasus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:44
Last Modified: 30 Jan 2019 13:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47926

Actions (login required)

View Item View Item