PENGARUH STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHDAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Nurhidayati, Fitriana and Sugiyono, Sugiyono (2017) PENGARUH STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHDAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (708kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa SMP. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah. Sampel yang diberikan perlakuan adalah kelas VII A yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi TAPPS sebagi kelas eksperimen dan kelas VII B yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Instrumenn yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pemeblejaran yang digunakan peniliti. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh tinggi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa, (3) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa, (5) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: TAPPS, kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 13:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47858

Actions (login required)

View Item View Item