Nurhidayati, Fitriana and Sugiyono, Sugiyono (2017) PENGARUH STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHDAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (708kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text
HALAMAN COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (59MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa SMP. Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berbah. Sampel yang diberikan perlakuan adalah kelas VII A yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi TAPPS sebagi kelas eksperimen dan kelas VII B yang mendapatkan perlakuan pembelajaran dengan strategi ekspositori sebagai kelas kontrol. Instrumenn yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar, serta lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pemeblejaran yang digunakan peniliti. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut : (1) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh tinggi terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa, (3) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pembelajaran dengan strategi ekspositori berpengaruh sedang terhadap prestasi belajar siswa, (5) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih berpengaruh daripada pembelajaran dengan strategi ekspositori terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci: TAPPS, kemampuan komunikasi matematis, prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 06:16 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47858 |
Actions (login required)
View Item |