IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017

LESTARI, NITA (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
13803241094_Nita Lestari_Skripsi Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang terdiri dari analisis kualitas tes, menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi, dan menghitung peningkatan Hasil Belajar Akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2016/2017. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 67,30% menjadi 90,92% pada siklus II atau meningkat sebesar 23,62% atau 35,10%. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥ 75% meningkat dari siklus I sebanyak 7 siswa (21,21%) menjadi 28 siswa (100%) pada siklus II atau meningkat sebesar 78,79%. Pada siklus I, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 45,82 meningkat menjadi sebesar 85,00 pada post test atau meningkat sebesar 39,18 atau 85,51%. Pada siklus II, nilai rata-rata Hasil Belajar Akuntansi pada pre test sebesar 42,54 meningkat menjadi sebesar 82,40 pada post test atau meningkat sebesar 39,86 atau 93,70%. Ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi pada pre test siklus I sebesar 12,12% meningkat menjadi sebesar 72,73% pada post test atau meningkat sebesar 60,61%. Pada siklus II, ketuntasan Hasil Belajar Akuntansi meningkat dari pre test sebesar 0,00% menjadi sebesar 78,57% pada post test atau meningkat sebesar 78,57%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament.
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 02 Mar 2017 01:23
Last Modified: 30 Jan 2019 13:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47612

Actions (login required)

View Item View Item