Pengembangan Media Bimbingan Berbantuan Komputer Materi Bimbingan Pribadi-Sosial Program Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Bantul, di Kecamatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Surami, Ani (2011) Pengembangan Media Bimbingan Berbantuan Komputer Materi Bimbingan Pribadi-Sosial Program Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Bantul, di Kecamatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ani-surami-027725008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan software media bimbingan berbantuan komputer materi bimbingan pribadi-sosial sebagai sumber bimbingan alternatif dalam rangka mencapai kelayakan media bimbingan sehingga dapat digunakan sebagai alternatif pemecahan masalah pribadi-sosial; dan (2) mengembangkan kelayakan software media bimbingan berbantuan komputer untuk kegiatan pelayanan bimbingan pribadi-sosial. Responden semua tahap yang terlibat pada penelitian ini yakni 2 orang ahli, 3 orang terbimbing individual, 8 orang terbimbing kelompok satu-satu, dan 28 orang terbimbing kelompok besar. Jenis data yang digali dalam penelitian ini adalah kualitas tampilan dan kualitas penyajian media bimbingan. Data dikumpulkan dengan cara pemberian ceklist dan review oleh dua orang ahli, pemberian angket kepada terbimbing individual, kelompok kecil, ujicoba lapangan, dan observasi terlibat (participant observation). Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media bimbingan layak digunakan sebagai media bantu pelaksanaan pelayanan bimbingan. Hal ini terbukti oleh ketepatan memilih topik (isi materi) relevan antara standar kompetensi dengan kompetensi dasar; urutan materinya tepat dan rumusan tujuannya jelas; kesesuaian dengan indikator keberhasilan; materi sudah jelas dengan skor rata-rata 3,1. Produk media bimbingan pribadi-sosial yang layak adalah kualitas tampilan bagus dan tidak monoton dengan skor rata-rata 3,2; kualitas penyajian sudah urut/tepat; pemrograman/navigasi sederhana; interaksi siswa lebih interaktif dengan skor rata-rata 3,1 lebih tinggi skor rata-rata dari skala likert 2,5.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media bimbingan berbantuan komputer, bimbingan pribadi-sosial
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2017 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 12:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47358

Actions (login required)

View Item View Item