PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIK TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (Studi Kasus pada Pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta)

Utami, Binar (2016) PENGARUH NILAI BELANJA HEDONIK TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN EMOSI POSITIF SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (Studi Kasus pada Pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
BinarUtami_12808144043.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh nilai belanja hedonik terhadap impulse buying pada pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta, (2) pengaruh nilai belanja hedonik terhadap emosi positif pada pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta, (3) pengaruh emosi positif terhadap impulse buying pada pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta, dan (4) pengaruh nilai belanja hedonik terhadap impulse buying yang dimediasi oleh emosi positif pada pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai belanja hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 9,699 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,397; (2) Nilai belanja hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap emosi positif. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 10,102 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,404; (3) Emosi positif berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 9,788 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,631; (4) Nilai belanja hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel mediasi. Hal ini dibuktikan dari koefisien mediasi sebesar 0,1570 bernilai positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,0000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:36
Last Modified: 30 Jan 2019 13:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46382

Actions (login required)

View Item View Item