ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN E-LEARNING MOODLE OLEH GURU SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Saras Mareta, Ratri (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN E-LEARNING MOODLE OLEH GURU SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_11520241040.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang memengaruhi penggunaan e-learning berbasis Moodle oleh guru SMK Negeri 2 Yogyakarta. E-learning yang diteliti adalah portal e-learning milik SMK Negeri 2 Yogyakarta, yaitu PINTER. Tujuan tersebut dicapai dengan menjelaskan pengaruh variabel eksternal yaitu e-learning self-efficacy, kerumitan dan keterbatasan waktu terhadap variabel-variabel dalam kerangka Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data primer berasal dari penyebaran kuesioner tertutup yang berisi 31 pertanyaan menggunakan skala Likert 4 alternatif jawaban. Responden merupakan guru SMK Negeri 2 Yogyakarta yang telah mengikuti pelatihan e-learning PINTER sejumlah 90 orang. Namun karena terkendala kuesioner penelitian tidak dapat kembali semua, maka responden yang digunakan adalah 73 orang. Data yang diperoleh dalam skala interval yang kemudian diolah menggunakan perangkat lunak SPSS. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) faktor e-learning self-efficacy berpengaruh terhadap penggunaan e-learning PINTER berbasis Moodle oleh guru SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui faktor kegunaan, kemudahan penggunaan dan intensi, (2) faktor kerumitan berpengaruh terhadap penggunaan e-learning PINTER berbasis Moodle oleh guru SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui faktor kemudahan penggunaan, kegunaan dan intensi, dan (3) faktor keterbatasan waktu berpengaruh terhadap penggunaan e-learning PINTER berbasis Moodle oleh guru SMK Negeri 2 Yogyakarta secara langsung maupun melalui faktor intensi. Kata kunci : E-learning, Moodle, PINTER, Technology Acceptance Model (TAM), Analisis Jalur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:30
Last Modified: 30 Jan 2019 12:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46091

Actions (login required)

View Item View Item