Wisnu Subroto, Wisnu Subroto (2016) PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PENANAMAN NILAI-NILAI LOKAL. In: PEMBELAJARAN SEJARAH.
![]() |
Other (Prosiding)
42.WISNU_UNLAM.swf Download (80kB) |
Abstract
Persaingan pada abad ke-21 ini telah dilanda oleh arus egoisme dan sektarianisme. Akibatnya penanaman nilai-nilai lokal melalui pendidikan menjadi kurang mampu dilakukan dengan optimal. Salah satu mata pelajaran yang secara eksplisit bertugas menanamkan nilai-nilai lokal yaitu sejarah, juga kurang mampu menunaikan tugas dengan optimal. Permasalahan yang dikaji dalam tulisan ini adalah mengapa pelajaran sejarah tidak mampu bekerja optimal? Dari penelusuran terhadap buku teks pelajaran sejarah untuk kurikulum 2013 dan berbagai penelitian yang telah dilakukan, dua permasalahan utama yang menjadi kendala pelajaran sejarah di SMA adalah materi dan proses pembelajarannya. Materi pelajaran sejarah lebih menonjolkan keunggulan bangsa asing dan pengaruhnya terhadap masyarakat Indonesia. Akar permasalahannya adalah terdapatnya unsur neo-kolonialisme dan kepentingan kelompok penguasa yang mempengaruhi konstruksi materi pelajaran sejarah. Di pihak lain, proses pembelajaran sejarah terkendala oleh kapabilitas guru dan metode yang diterapkan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosiding |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 06:44 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 06:44 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |