Hany Nurpratiwi, Hany Nurpratiwi (2016) PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PROJECT BASED LEARNING. In: pembelajaran sejarah.
Other (Prosiding)
40.HANI_PASCAUNS.swf Download (73kB) |
Abstract
Pembelajaran sejarah idealnya mampu mendorong peserta didik untuk menganalisis, memahami dan menemukan penyelesaian terhadap suatu permasalahan. Permasalahan yang sering kita jumpai dalam ranah sejarah adalah penulisan sejarah itu sendiri. Adanya berbagai prespektif dalam penulisan suatu peristiwa sejarah akan memberikan kebingungan pada masyarakat awam untuk memahaminya. Sehingga pembelajaran sejarah idealnya mampu menuntun peserta didik untuk menyajikan tulisan sejarah dengan analisis dari berbagai sumber yang mereka dapatkan, dan berguna untuk mengatasi kerancuan peristiwa sejarah yan ada di masyarakat. Project based learning adalah model pembelajaran yang melibatkan peserta didik untuk aktif dalam penugasan sebuah proyek yang berfungsi bagi masyarakat dan lingkungannya. Kolaborasi antara beberapa mata kuliah untuk membuat proyek penulisan sejarah sebagai tugas peserta didik akan menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Kata kunci: pembelajaran sejarah, project based learning
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosiding |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 17 Jan 2017 06:37 |
Last Modified: | 17 Jan 2017 06:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46019 |
Actions (login required)
View Item |