MEMBANGUN JATI DIRI BANGSA MELALUI SEJARAH LOKAL: PERANAN YOGYAKARTA PADA MASA REVOLUSI KEMERDEKAN TAHUN 1945-1950

Murdiyah Winarti dan Wawan Darmawan, Murdiyah Winarti dan Wawan Darmawan (2016) MEMBANGUN JATI DIRI BANGSA MELALUI SEJARAH LOKAL: PERANAN YOGYAKARTA PADA MASA REVOLUSI KEMERDEKAN TAHUN 1945-1950. In: SEJARAH LOKAL.

[img] Other (Prosiding)
37.MURDIYAH WINARTI_UPI.swf

Download (141kB)

Abstract

Setiap peristiwa sejarah syarat dengan nilai dan makna karena berhubungan dengan kehidupan manusia, oleh karena itu mengabaikan unsur nilai akan mempersulit proses identifikasi diri dan jatidiri bangsa. Kesadaran akan kesatuan bangsa masih perlu ditingkatkan dan harus disadari bahwa proses nation building dan character building di Indonesia sebenarnya belum selesai dan tidak boleh dianggap telah selesai. Pelajaran sejarah menjadi penting dalam kaitannya untuk melahirkan perasaan yang kuat dalam menanamkan kesadaran tersebut, banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi generasi muda mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya, seperti yang telah ditorehkan oleh generasi sebelumnya. Dua kebajikan fundamental yang dibutuhkan untuk membentu karakter yakni rasa hormat (respect) dan tanggung jawab (responsibility) dapat digali ketika belajar sejarah. Salah satu topik yang menurut penulis dapat dipelajari oleh generasi muda (siswa), yakni tentang masa revolusi kemerdekaan di Yogyakarta tahun 1945-1950. Peranan dari orang-orang, baik para tokoh lokal, nasional, maupun orang ‘biasa’ yang ikut berjuang pada masa itu tidak dapat diabaikan begitu saja. Beberapa kebajikan yang diperlukan untuk membentuk karakter baik dapat dengan mudah ditemui dalam peristiwa tersebut antara lain seperti: ketabahan, integritas, kerja keras, cinta/kasih, maupun kerendahan hati. Hal tersebut merupakan pengetahuan yang berharga, untuk menghadapi kehidupan yang terus berlanjut, selain juga untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan karakter seperti membentuk pribadi siswa supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, maupun warga negara yang baik, melalui pengetahuan, apresiasi, dan pemahaman tentang perjuangan orang-orang yang berkonstribusi dalam membangun bangsa ini. Sejarah termasuk salah satu di antara ilmu-ilmu sosial yang ikut bertanggung jawab terhadap pembentukan warga negara yang baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Prosiding
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:02
Last Modified: 17 Jan 2017 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46000

Actions (login required)

View Item View Item