Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar.

Lestariningsih, Endang Sri (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Anak Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endang-sri-lestariningsih-14711251072.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Hasil observasi terhadap siswa sekolah dasar di SDN Depok 1 ditemukan kesadaran peserta didik akan perilaku hidup bersih dan sehat yang masih rendah serta minat membaca siswa masih kurang yang menyebabkan dampak negatif pada kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis komik tentang PHBS yang layak bagi peserta didik sekolah dasar, dan (2) mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis komik materi perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada tahap pengembangan Borg & Gall. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan dalam enam tahap, yakni: (a) penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan produk awal, (d) uji kelayakan, (e) uji efektivitas dan (f) produk akhir. Subjek uji coba skala kecil adalah 39 peserta didik kelas IV dan V SD N Depok I yang beralamat di Jl. Raya Tajem, Kec. Depok, Kabupaten Sleman. Subjek uji coba skala besar terdiri dari 119 peserta didik kelas IV dan V SD N Samirono yang beralamat di Jl. Colombo No.002, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman dan 88 peserta didik kelas IV dan V SD N Depok I. Subjek uji efektivitas pada kelas eksperimen sebanyak 119 peserta didik kelas IV dan V SD N Samirono dan kelas kontrol sebanyak 115 peserta didik kelas IV dan V SD N Sidorejo yang beralamat di Jl. Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, dokumentasi, tes hasil belajar dan angket respons peserta didik dan guru. Teknik analisis data menggunakan data deskriptif dan data uji beda menggunakan paired samples t test dan independent samples t tes dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik ditinjau dari aspek materi, media, dan bahasa menurut para ahli didapat data sebagai berikut: 1) ahli materi memperoleh skor sebesar 93,64% dengan kategori “sangat baik”, 2) ahli media memperoleh skor sebesar 90,83% dengan kategori “sangat baik”, dan 3) ahli bahasa memperoleh skor sebesar 94,00% dengan kategori “sangat baik”. Pada tahap uji kelayakan: 1) Hasil uji coba skala kecil dari aspek tampilan, pembelajaran, dan keterbacaan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,22 yang masuk kategori “sangat layak”, dan 2) Hasil uji coba skala besar dari aspek tampilan, pembelajaran, dan keterbacaan rata-rata skor yang diperoleh sebesar 4,45 yang masuk kategori “sangat baik”. Tahap uji efektivitas ada perbedaan bermakna dalam hal pengetahuan dan sikap PHBS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan p < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis komik, PHBS.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2017 02:34
Last Modified: 11 Jan 2022 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45983

Actions (login required)

View Item View Item