Brigida Intan Printina, M.Pd, Brigida Intan Printina, M.Pd (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS PEDAGOGI REFLEKTIF UNTUK MEMBANGUN SEMANGAT INTEGRASI DALAM KEMAJEMUKAN. In: Pembelajaran sejarah.
Other (Prosiding)
19.BRIGIDA INTAN_USD.swf Download (170kB) |
Abstract
Kemajemukan bangsa Indonesia terlihat dari keberagaman sosial, etnis, budaya, agama, aspirasi politik, lingkungan budaya, hubungan kekeluargaan dan sebagainya. Kemajemukan ini harus berhadapan dengan satu landasan untuk merekontruksi kembali kebhinekaan yang dapat menjadi integrating force untuk mampu mengikat seluruh kemajemukan bangsa ini. Saat ini, berbagai terobosan berupa strtaegi pembelajaran ditawarkan untuk menjadikan lembaga pendidikan sebagai pusat sosialisasi dan pembudayaan nilai-nilai integrasi, salah satunya terurai dalam pendekatan Pedagogi Reflektif. Pendekatan yang dikenalkan di perguruan tinggi ini hendaknya sampai pada tingkat SD, sehingga Indonesia mampu membentuk bangsa yang terintegrasi dalam semangat kebhinekatunggalikaan. Nilai-nilai ini semestinya perlu diwariskan dan dikembangkan melalui sistem pendidikan yang terpadu dan berkesinambungan. Maka gagasan membangun semangat integrasi dalam kemajemukan dapat dipahami sebagai suatu proses penyadaran terhadap adanya kemajemukan serta kesediaan memberlakukan setiap keragamaan secara egaliter. Dalam rangka itu penulis melakukan kajian terhadap para mahasiswa sebagai calon guru sejarah dalam mata kuliah pengelolaan kelas untuk pembelajaran sejarah, agar mampu mentransformasikan pengalamannya kepada generasi yang akan datang sehingga mampu menyatukan persepsi dalam memperkuat akar integrasi bangsa. Kata Kunci: Pembelajaran sejarah, Pedagogi Reflektif, Integrasi, Kemajemukan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prosising |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 16 Jan 2017 02:27 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 02:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45885 |
Actions (login required)
View Item |