LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 SLEMAN Jln. Magelang km 14,5, Medari, Sleman, Yogyakarta. 15 Juli 2016 - 15 September 2016

Endang Rusdiyanto, Endang Rusdiyanto (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN Lokasi : SMP N 1 SLEMAN Jln. Magelang km 14,5, Medari, Sleman, Yogyakarta. 15 Juli 2016 - 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ENDANG RUSDIYANTO 13207241018.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program dari Universitas Negeri Yogyakarta dalam menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi dalam bidang kependidikan yang mengutamakan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendikian. Pada kegiatan PPL mahasiswa dapat memberikan bantuan pemikiran, tenaga serta ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program pengembangan sekolah. Pelaksanaan PPL bertempat di SMP Negeri 1 Sleman, dengan melaksanakan program-program kegiatan baik yang bersifat fisik maupun non-fisik sesuai ketrampilan yang dimiliki mahasiswa Kegiatan atau program PPL dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Sebelum kegiatan dilaksanakan terlebih dahulu diawali dengan berbagai persiapan. Persiapan tersebut menyangkut kegiatan yang diprogramkan dari UNY maupun yang diprogramkan secara individu oleh praktikan, yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi dan pembuatan perangkat pembelajaran, pengadaan silabus, membuat pogram tahunan, program semester dan RPP, praktik mengajar, menyusun administrasi mengajar, dan penyusunan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan PPL meliputi pembuatan perangkat pembelajaran serta praktik mengajar yang pelaksanaannya berjalan lancar. Hasil dari kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Sleman antara lain praktik mengajar sebanyak 15 kali tatap muka pertemuan di kelas VII D, E dan G, dan melaksanakn program insidental yaitu melakukan presensi disetiap kelas dan piket bersalaman dengan siswa dipagi hari. Secara keseluruhan, peserta didik antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diajarkan oleh mahasiswa PPL. Melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan ini mahasiswa PPL dapat menerapkan langsung ilmu yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan sehingga menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai calon pendidik. Untuk pelaksanaan PPL periode yang akan datang ada baiknya jika antara pihak sekolah dan mahasiswa lebih meningkatkan kerjasama agar dapat lebih bermanfaat bagi semua pihak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: UNY, PPL, SMP Negeri 1 Sleman, mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Jan 2017 01:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45602

Actions (login required)

View Item View Item