TARI BADUT SINAMPURNA DALAM PROSESI RUWATAN TOLAK BALAK PADA MASYARAKAT TEGALOMBO PACITAN

Prihantini Irianing Tias (2011) TARI BADUT SINAMPURNA DALAM PROSESI RUWATAN TOLAK BALAK PADA MASYARAKAT TEGALOMBO PACITAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
S1-TARI_BADUT_SINAMPURNA_DALAM_PROSESI_RUWATAN.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah, fungsi, dan bentuk penyajian Tari Badut Sinampurna dalam prosesi ruwatan tari tolak balak pada masyarakat Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur. Dalam bentuk penyajiannya meliputi gerak, desain lantai, iringan, tata rias, tata busana, tempat dan waktu pertunjukan, dan properti. Subjek penelitian ini adalah Kepala Desa Ploso, Kepala Dusun Semburan, Penari Utama, Pasangan Penari Utama, dan pesindhen. Objek penelitian ini Tari Badut Sinampurna di Desa Ploso, Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dilaksanakan dengan cara membuat gambaran secara akurat dan sistematis, serta mengenai sejarah, fungsi, dan bentuk penyajian Tari Badut Sinampurna dalam prosesi ruwatan tolak balak pada masyarakat Tegalombo, Pacitan Jawa Timur, sebagai lokasi dari penelitian ini. Data primer dari penelitian diperoleh dari Tari Badut Sinampurna sendiri dan penari utama, video, dan dokumentasi berupa foto dan video. Selain itu, sumber kepustakaan juga dimanfaatkan sebagai data sekunder, untuk pelengkap dan memberikan cross check atas data primer. Dengan demikian penggalian data dalam penelitian ini, dapat dicatat meliputi: observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: A. Sejarah Tari Badut Sinampurna. B. Fungsi Tari Badut Sinampurna dalam prosesi ruwatan tolak balak pada masyarakat Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur. C. Bentuk Penyajian Tari Badut Sinampurna dalam prosesi ruwatan tolak balak pada masyarakat Tegalombo, Pacitan, Jawa Timur, meliputi 1) Gerak: gerak yang digunakan lucu, improvisasi dan tidak mempunyai makna, 2) Desain Lantai: Menggunakan desain lurus, 3) Iringan: menggunakan seperangkat gamelan Jawa, 4) Tata Rias: tata rias menggunakan rias badut, 5) Tata Busana: tata busana dalam tari ini menggunakan gombal sebagai busana di kepala rompi dan celana panjang berwarna hitam sebagai kostum bajunya, 6) Tempat dan waktu pertunjukan: Tempat pertunjukan di halaman terbuka yaitu di depan rumah peneliti dan waktu pertunjukan pada 15 Januari 2011 pukul 10.00 WIB, 7) Perlengkapan Tari atau Properti: oncor. Kata kunci: Tari Badut Sinampurna, ruwatan tolak balak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 13:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item