Dwi Wulandari, Agustina (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA KELAS X DALAM PEMILIHAN JURUSAN TATA BOGA DI SMK N 1 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, FT UNY.
|
Text
AGUSTINADWI WULANDARI_11511244015.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas x dalam memilih Jurusan Tata Boga di SMK N 1 Sewon meliputi internal (kemauan, kesenangan, dan motivasi) dan eksternal (kekeluargaan, masyarakat, dan sekolah), (2) mengetahui faktor-faktor yang lebih dominan mempengaruhi minat siswa kelas x dalam memilih jurusan Tata Boga di SMK N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan di SMK N 1 Sewon khusus siswa kelas x Jurusan Tata Boga bulan Januari 2015 sampai Februari 2016. Populasi yang digunakan 127 siswa atau 4 kelas yang ada di SMK N 1 Sewon Bantul. Penelitian ini 95 siswa sebagai sampel dan 30 siswa untuk sampel uji coba. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup (kuesioner). uji validitas instrument menggunakan validitas konstruk expert judgement dan Validitas isi dengan Product Moment. Hasil Uji validitas menghasilkan 37 butir soal yang valid, dan 3 butir soal yang tidak valid dari jumlah soal sebanyak 40 butir soal. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus alpha Cronbach dan mendapatkan nilai korelasi 0,929 dengan jumlah soal valid 37 butir, maka reliabilitas angket penelitian siswa yaitu Alpha 0,929 > r tabel 0,361 artinya instrument angket penelitian dengan tingkat reabilitas tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa kelas x dalam pemilihan Jurusan Tata Boga di SMK N 1 Sewon Bantul yaitu Internal pada kategori sedang dengan mean 68,41 dan persentase 73,68%, unsur kemauan pada kategori tinggi dengan mean 36,97 dan persentase sebesar 62,10%, unsur kesenangan pada kategori sedang dengan mean 6,09 dan persentase 75,78%. Motivasi pada kategori rendah dengan mean 22,15 dan persentase 95,78%. Sedangkan Eksternal pada kategori sedang dengan mean 48,73 dan persentase sebesar 94,73%, unsur kekeluargaan pada kategori sedang dengan mean 29,47 dan persentase 53,68%, unsur masyarakat pada kategori sedang dengan mean 13,14 dan persentase sebesar 73,68%, unsur sekolah pada kategori dengan mean 6,12 dan persentase 66,32%. (2) faktor yang lebih dominan mempengaruhi minat siswa adalah unsur Internal, karena pada salah satu unsur mendapatkan persentase kategori tinggi yanitu unsur kemauan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Faktor Internal, Faktor Eksternal |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 29 Dec 2016 01:42 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 06:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/45222 |
Actions (login required)
View Item |