PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN MENGGUNAKKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Fatimah, Fatimah (2016) PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN PROFIL SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH 2 MUNTILAN MENGGUNAKKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Fatimah_11520241017_PTI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan aplikasi pengenalan profil sekolah SMK Muhammadiyah 2 Muntilan berbasis Augmented Reality untuk platform Android, (2) Mengetahui kualitas aplikasi pengenalan profil sekolah berbasis Augmented Reality untuk Platform Android berdasarkan standar ISO 9126 yang meliputi aspek functionality, efficiency, usability, maintainability, dan materi. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall model-V. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan aplikasi pengenalan profil sekolah berbasis Augmented Reality untuk Platform Android menggunakan software Unity 3D 4.6 dan dilakukan beberapa tahap yaitu pengumpulan spesifikasi kebutuhan pengguna, perancangan sistem, perancangan komponen, penulisan kode program dan beberapa pengujian (uji materi dan uji kualitas software berdasarkan ISO 9126), (2) Aplikasi pengenalan profil sekolah memiliki kualitas functionality kriteria “Sangat Baik”, efficiency dengan TestDroid menunjukkan skala kualitas “Baik”, usability menghasilkan nilai alpha cronbach 0,87 (Sangat Tinggi), maintainability dengan perhitungan volume dan duplication code menunjukkan skala “Baik”, dan pengujian materi memperoleh kriteria “Sangat Baik”. Kata kunci: Aplikasi pengenal profil sekolah, metode penelitian, android, augmented reality, ISO 9126.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 12:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44917

Actions (login required)

View Item View Item