PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA DENGAN TIPE CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK WETAN SEWON BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Pratama, Indra (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA DENGAN TIPE CLIS (CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KRAPYAK WETAN SEWON BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Indra Pratama.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning In Science) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Krapyak Wetan Sewon Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta” Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh sebab-akibat dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Krapyak Wetan yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Teknik analisis data terdiri atas 3 tahap, tahap deskripsi data, tahap uji prasyaratan analisis (uji homogenitas), dan tahap pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan mean yang diperoleh kelompok eksperimen dan kontrol, yaitu mean yang diperoleh kelompok eksperimen dari 59,4 menjadi 60,2, dan rata-rata pre post kelompok kontrol 56,00 menjadi 58,4. Perbedaan mean kedua kelompok tersebut kemudian di uji dengan menggunakan uji-t, hasil pengujian dengan uji t pre test kelompok eksperimen dan kontrol telah diperoleh nilai t hitung sebesar nilai t sebesar 0,659 dan sig 0,517. Nilai sig menyatakan < 0,01, dan hasil pengujian dengan uji t post test kelompok eksperimen dan kontrol telah diperoleh nilai t hitung sebesar nilai t sebesar -1,729 dan sig 0,097 nilai sig menyatakan > 0, 01. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran IPA dengan tipe CLIS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Krapyak Sewon Bantul Yogyakarta. Kata Kunci : Model Pembelajaran CLIS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Dec 2016 04:27
Last Modified: 30 Jan 2019 12:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44790

Actions (login required)

View Item View Item