PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KKPI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DENGAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) DI KELAS X MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN

Gunadi, Said (2016) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KKPI INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH DENGAN PENDEKATAN CTL (Contextual Teaching and Learning) DI KELAS X MULTIMEDIA SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SAID GUNADI_125202044021.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada mata pelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) di SMK Muhammadiyah 2 Moyudan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam materi Mengoperasikan PC stand alone, Mengoperasikan sistem operasi software dan belum tersediannya media interaktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran interaktif yang dapat membantu dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran KKPI berbasis Adobe Flash dengan pendekatan CTL, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran KKPI berbasis Adobe Flash dengan pendekatan CTL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research dan Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Luther. Model pengembangan Luther terdiri dari 6 tahap yaitu: (1) pengonsepan (concept), (2) perancangan (design), (3) pengumpulan bahan (material collecting), (4) pembuatan (assembly), (5) pengujian (testing), (6) pendistribusian (distribution). Pengujian dilakukan dengan dua tahap pengujian yaitu pengujian alpha dan pengujian beta. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran KKPI berbasis Adobe Flash, (2) tingkat kelayakan media pembelajaran dari ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 87% dengan kategori sangat layak, dan penelitian siswa terhadap media pembelajaran sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran KKPI yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai referensi bahan ajar dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Media Pembelajaran, KKPI dengan pendekatan CTL, kelayakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:45
Last Modified: 30 Jan 2019 12:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44714

Actions (login required)

View Item View Item