ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS XI IPA MEMPELAJARI MATERI LIMIT FUNGSI DI SMAN 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Ardiyati, Rosa and Murdanu, Murdanu (2016) ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS XI IPA MEMPELAJARI MATERI LIMIT FUNGSI DI SMAN 1 KASIHAN TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB IV - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
cover - ROSA ARDIYATI 09301241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN - ROSA ARDIYATI 09301241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
LAMPIRAN - ROSA ARDIYATI - 09301241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
PENGESAHAN - ROSA ARDIYATI 09301241032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP - ROSA ARDIYATI - 09301241032 xxx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas XI IPA dalam mempelajari materi limit fungsi di SMAN 1 Kasihan. Kesulitan belajar siswa yang diteliti berkaitan dengan pemahaman siswa tentang konsep dan prinsip dalam menyelesaikan persoalan limit fungsi. Dalam penelitian ini subjek penelitian telah mempelajari materi limit fungsi pada pembelajaran di kelas. Materi yang dimaksud adalah limit fungsi aljabar di suatu titik, limit fungsi aljabar di tak hingga, dan limit fungsi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI PA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih berdasarkan kesalahan dan ketercapaian subjek dalam menyelesaikan tes diagnostik materi limit fungsi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes diagnostik tertulis yang terdiri dari 8 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 49 siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 hanya 3 siswa yang dapat menyelesaikan 8 soal tes dengan benar. Terindentifikasi sebanyak berturut-turut 11, 19, dan 8 dari 49 siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan nomor 1, 2, dan 3 tentang limit fungsi yang berkaitan dengan konsep dan prinsip limit fungsi aljabar di suatu titik; sebanyak berturut- turut 7, 18, dan 28 dari 49 siswa siswa mengalami kesulitan menyelesaikan persoalan nomor 4, 5, dan 6 tentang limit fungsi aljabar di tak hingga; dan sebanyak berturut-turut 33 dan 36 dari 49 siswa mengalami kesulitan menyelesaikan persoalan nomor 6 dan 7 tentang limit fungsi trigonomometri. Selain itu teridentifikasi bahwa 13 dari 49 siswa juga mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan prinsip perhitungan pemfaktoran, perkalian dan pembagian aljabar. kata kunci: analisis kesulitan belajar, limit fungsi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 15 Dec 2016 03:28
Last Modified: 30 Jan 2019 12:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44691

Actions (login required)

View Item View Item