Pendidikan Keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta.

Muzdalifah, Fithrii (2016) Pendidikan Keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fithrii-muzsalifah-14717251018.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Perencanaan Pendidikan Keorangtuaan, (2) Pelaksanaan Pendidikan Keorangtuaan, dan (3) Hasil Pendidikan keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 guru kelas, dan 12 orang tua anak TK Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman untuk mendeskripsikan dan menganalisis data Dampak Pendidikan Keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan. Pertama, Perencanaan pendidikan keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta masih belum memperhatikan acuan dalam pelaksanaan pendidikan keorangtuaan, dan dalam merencanakan program kegiatan pendidikan keorangtuaan tidak melakukan identifikasi kebutuhan orang tua, isi program pendidikan harus berdasarkan kebutuhan orang tua. Kedua pendidikan keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, yaitu (1) Pertemuan PWM (Parenting), (2) Pengajian, (3) Field trip, (4) Keterlibatan orang tua pada acara bersama (5) Konsultasi orang tua, dan (6) Kunjungan kerumah, namun materi yang diberikan pada saat parenting masih kurang tentang pendidikan maupun perkembangan anak, dan kurangnya partisipasi orang tua. Ketiga, hasil pendidikan keorangtuaan di TK Negeri Pembina Yogyakarta bagi orang tua yang mengikuti kegiatan, setelah mengikuti pendidikan keorangtuaan, orang tua dapat memberikan pengasuhan yang baik kepada anak-anak mereka, menjadi lebih berhati-hati dalam bersikap, memberikan contoh yang baik kepada anak, menjadi tidak menuntut sekolah untuk mengajarkan anak membaca, menulis maupun berhitung, dan menjadi tidak memaksakan anak untuk bisa membaca, menulis maupun behitung.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Keorangtuaan
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Dec 2016 04:05
Last Modified: 09 May 2019 07:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44489

Actions (login required)

View Item View Item