KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SMP NEGERI 3 TEPUS

Yusthiana, Yuda (2012) KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SMP NEGERI 3 TEPUS. S1 thesis, FBS UNY.

[img]
Preview
Text
Yuda Yusthiana_052011244014.pdf

Download (344MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN MEDIA BUKU HARIAN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA SMP NEGERI 3 TEPUS oleh Yuda Yustiana NIM 05201244014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya perbedaan keterampilan bercerita antara siswa yang diajar menggunakan media buku harian dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan buku harian, (2) keefektifan penggunaan media buku harian dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media buku harian dalam pembelajaran bercerita. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tepus. Sampelnya adalah dua kelas yang masingmasing memiliki 20 siswa, sehingga jumlah sampel keseluruhan adalah 40 siswa. Kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan tes bercerita. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi yaitu dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Hasil indeks reliabilitas tersebut berarti instrumen yang digunakan memiliki koefisien reliabilitas yang sangat tinggi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Kesimpulan penelitian ini ada dua, yaitu: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan bercerita pengalaman mengesankan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tepus yang dilaksanakan menggunakan media buku harian dibandingkan dengan siswa yang dilaksanakan tanpa menggunakan media buku harian. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel (8,759 > 1,380) dan p kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05). (2) Pembelajaran bercerita pengalaman mengesankan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tepus lebih efektif menggunakan media buku harian dibandingkan dengan pembelajaran bercerita pengalaman mengesankan tanpa menggunakan media buku harian. Perhitungan uji-t hitung lebih besar dari t tabel (8,721 > 1,380) dan p kurang dari 0,05 (0,00 < 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: MEDIA, KETERAMPILAN BERCERITA, SISWA SMP NEGERI 3 TEPUS
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 Dec 2016 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44348

Actions (login required)

View Item View Item