PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS II B SD NEGERI GEDONGKIWO

Saubbaisagu, Valeria (2016) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS II B SD NEGERI GEDONGKIWO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Valeria Saubbaisagu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media puzzle pada mata pelajaran IPA siswa kelas II B SD Negeri Gedongkiwo. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Negeri Gedongkiwo, yang berjumlah 30 siswa. Adapun objek dalam penelitian adalah motivasi belajar IPA. Tempat penelitian dilaksanakan dikelas II B SD Negeri Gedongkiwo pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian adalan kisi-kisi motivasi, kisi-kisi observasi motivasi belajar siswa dan kisi-kisi observasi kegiatan guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle dengan warna terangan dan kepingan gambar yang bervariasi pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada materi sumber energi dan kegunaannya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat motivasi belajar siswa yang telah sesuai dengan indikator siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi. Dapat juga dilihat dari meningkatnya persentasi motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Di pra-siklus hanya 6,67% (2 siswa) yang memiliki motivasi belajar tinggi. Kemudian pada siklus I meningkat menjadi 96,67% (29 siswa), meningkat lagi sebesar 100% (30 siswa) pada siklus II. Demikian juga hasil wawancara siswa menunjukkan tingkat motivasi sebesar 78,47% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 100% pada siklus II dengan kategori sangat tinggi. Penelitian signifikan adalah penggunaan media puzzle yang berwarna terang dengan kepingan gambar yang besar dan bervariasi. Kata kunci: Motivasi belajar, Media puzzle

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:24
Last Modified: 30 Jan 2019 12:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44283

Actions (login required)

View Item View Item